Inilah 8 Jenis Ukuran Kertas Yang Umum Ditemui

Artikel ini mencoba memaparkan ukuran jenis kertas, mulai dari A1 sampai A6. Tidak banyak orang tahu mengenai hal ini. Misalnya kertas buku gambar. Di sana tertulis A4, tetapi orang yang membelinya tidak tahu persis ukuran berapa kali berapa centi. Nah untuk itu, mari kita simak 8 ukuran kertas yang perlu kalian tahu.

1. A0
Kertas ini bisa terbilang paling besar sendiri. Ukuran ini biasanya ada pada digital printing. Ukuran dalam centi adalah 84,1 cm x 118,9 cm.

2. A1
Kertas ini biasanya digunakan untuk kartu, dokumen cetak, alat tulis, dan amplop. Ukuran kertas A1 berada antara ukuran kertas A0 hingga A2. A1 adalah setengah dari A0 dan dua kali lipat dari A2. Ukuran A1 kalau dalam cm adalah 59,4 x 84,1 cm. Jika ingin tahu ke dalam ukuran yang lain, kalian bisa melakukan konversi.

3. A2
Kertas A2 biasanya digunakan untuk membuat gambar seni, teknik, ataupun arsitektur. Kertas A2 ukurannya empat kali daripada A4. Ukuran kertas A2 dalam cm adalah 42,0 x 59,4. Jika ingin tahu ke dalam ukuran yang lain, kalian bisa melakukan konversi.

4. A3
Kertas A3 berukuran dua kali dari A4. Ukuran ini bisanya ada pada buku gambar, diagram, desain grafis (pada CorelDraw maupun Adobe Photoshop). Ukuran dalam bentuk centi adalah 29,7 x 42,0 cm. Jika ingin tahu ke dalam ukuran yang lain, kalian bisa melakukan konversi.

5. A4
Kertas ukuran ini paling banyak digunakan, apalagi dalam dunia perkantoran dan pendidikan. Kertas ini memang sangat ideal untuk dokumen. Dalam pendidikan, biasanya untuk skripsi, buku, dll. Ukuran kertas A4 dalam centi adalah 21,0 cm x 29,7 cm. Jika ingin tahu ke dalam ukuran yang lain, kalian bisa melakukan konversi.

6. A5
Kertas A5 adalah kertas yang berukuran setengah dari A4. Kertas ini biasanya digunakan untuk menulis pelajar atau mahasiswa. Dalam centi ukuran A5 berarti 14,8 cm x 21,0 cm. Jika ingin tahu ke dalam ukuran yang lain, kalian bisa melakukan konversi.

7. A6
Kertas ini berukuran setengah dari A5. Bisanya kertas A6 untuk membuat buku kecil, brosur, kartu undangan, dll. Dalam ukuran centi kertas ini berarti 10,5 cm x 14,8 cm.

8. F4
Kertas ini sedikit lebih tinggi daripada A4. Berukuran 21,5 cm x 33 cm. Ukuran ini orang-orang biasa menyebutnya folio. Sama seperti A4, kertas ini untuk dokumen-dokumen.

Comments

Popular Posts