Apa itu F4 dan A4

Di dalam dunia pendidikan dan perkantoran, penggunaan kertas untuk urusan cetak mencetak sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Kertas yang umum digunakan adalah kertas jenis HVS (Houtvrij Schrijfpapier) yang berasal dari bahasa Belanda, yang artinya kertas tulis bebas serat kayu dan juga kertas Folio. 

Di Indonesia, ada beberapa ukuran kertas yang paling populer dan sering digunakan, salah satunya kertas folio. Kertas folio memang menjadi salah satu ukuran kertas paling terkenal selain kertas kuarto atau kertas A4. Namun, tidak banyak yang tahu kalau kertas folio juga memiliki nama lain yaitu F4. Artinya, ukuran kertas F4 dan folio adalah sama, hanya beda penyebutan saja. Kertas F4 biasanya digunakan untuk menggandakan dokumen (photo copy) atau membuat salinan dari ijazah untuk mengurus pekerjaan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk cetak foto atau print dari Microsoft Excel.

Ukuran Kertas F4

Hampir semua orang bisa membedakan antara ukuran kertas folio atau F4 dengan ukuran kertas kuarto atau A4. Kertas F4 memiliki ukuran yang lebih besar. Artinya, kertas F4 lebih lebar dan tinggi dibanding dengan kertas A4. 

Dalam satuan inci (inchi) adalah 8,27 x 12,99 inci.

Dalam satuan mm (milimeter) adalah 210 x 330 mm.

Dalam satuan cm (centimeter) adalah 21,0 x 33,0 cm.

Tetapi ada beberapa negara yang menggunakan ukuran kertas F4 setidaknya berukuran 215 x 330 mm. Sekarang, kamu nggak perlu bingung lagi untuk membedakan kertas F4 dengan kertas ukuran lainnya.



Tips Memilih Kertas F4

Perhatikan merek

Sebelum memutuskan untuk membeli kertas F4 ada baik untuk mengenali merek yang ada di pasaran. Masing-masing merek biasanya memiliki harga yang berbeda-beda. Selain itu, kualitas dari kertasnya juga bervariasi. Ada kertas yang kualitas baik dan ada yang biasa-biasa saja sehingga mudah sekali rusak.

Sebelum membeli tentukan dahulu mau digunakan untuk apa kertasnya. Kalau kertas digunakan untuk mencetak dokumen atau hal penting lain tentu yang mereka terbaik wajib dibeli. Namun, kalau hanya untuk menggandakan buku atau dokumen lain di tempat photo copy, jenis kertas biasa tidak akan menjadi masalah.

Gramasi dari kertas F4

Gramasi atau sering menggunakan sekala GSM adalah berat dari kertas. Di pasaran ada cukup banyak kertas F4 dengan ukuran yang berbeda-beda. Umumnya yang sering digunakan adalah jenis 70 GSM. Namun, ada juga jenis kertas yang gramasinya 60 GSM dan juga 80 GSM.

Sebelum membeli tentukan dahulu kira-kira mana saja yang bakal dibutuhkan oleh banyak orang. Umumnya jenis 60 dan 70 GSM banyak digunakan di photo copy. Selanjutnya untuk jenis yang 80 GSM banyak digunakan di kantor untuk mencetak dokumen penting.

Warna dan bahan

Ada beberapa warna dari kertas F4. Warna yang sering digunakan memang putih, tapi ada juga warna kuning, merah muda, biru, dan hijau. Kertas yang warna biasanya lebih mahal dari yang putih.

Gimana, sudah bisa membedakan kan antara kertas HVS A4 dengan folio F4? Sebenarnya kertas jenis apapun sangat dibutuhkan baik untuk pelajar dan karyawan kantoran. Hanya saja kegunaannya tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Comments

Popular Posts