ini lho Ukuran Foto 3x4 Standar dalam Beberapa Format yang paling Tepat

Untuk berbagai keperluan kelengkapan dokumen, umumnya setiap form dibutuhkan pas foto. Di Indonesia terdapat tiga jenis pas foto yang umum dipakai yaitu ukuran foto 2x3, 3x4, dan 4x6. Ketiga ukuran tersebut biasanya memiliki ukuran dalam bentuk centimeter.

Maka, ukuran foto 3x4 dalam cm merupakan ukuran yang memiliki lebar 3 cm dengan tinggi 4 cm. Walaupun terlihat mudah, untuk mendapatkan ukuran 3x4 yang tepat harus memperhatikan beberapa hal, lho. 

Ukuran yang tepat akan membuat hasil foto ukuran tersebut dapat memiliki kualitas yang sama dengan studio foto. Yuk simak beberapa ukuran foto 3x4 dalam format centimeter, milimeter, inci, dan pixel dalam artikel ini!

Ukuran Foto 3x4 dalam Format CM, MM, Inch, Pixel di Microsoft Word dan Excel
Untuk mendapatkan hasil ukuran foto 3x4 yang tepat, kamu bisa melihat beberapa format ini untuk memudahkanmu ketika melakukan proses pengeditan. Ini dia penjelasannya: 

Dalam ukuran centimeter: ukuran foto 3x4 dalam cm yaitu 2,79 cm x 3.81 cm.
Dalam ukuran milimeter: pas foto ukuran 3 x4 dalam mm yaitu 27,9 mm x 38,1 mm.
Dalam ukuran inci: ukuran foto 3x4 dalam satuan inci yaitu 1,11 in x 1, 50 in.
Ukuran foto 3x4 di Microsoft Word: jika kamu menggunakan aplikasi Ms. Word untuk membuat pas foto, maka kamu bisa menggunakan ukuran cm. Untuk itu maka ukuran tingginya 3,81 cm dengan lebar 2,79 cm. Pastikan ukuran rasionya 3:4.
Dalam ukuran pixel: ukuran foto untuk 3x4 dalam pixel adalah 330 x 450 pixel dengan DPI 300.
Untuk mendapatkan kualitas foto yang mirip dengan standar studio foto, biasanya pihak percetakan akan mencetak foto dengan mengurangi sedikit ukurannya. Kekurangan ini dapat diganti dengan border putih yang biasa ada di sekitar foto yang tercetak.

Karena banyaknya aplikasi yang bisa dipakai, maka kamu perlu mengetahui beberapa ukuran tersebut untuk mendapatkan format ukuran yang sesuai. Lalu, bagaimana cara membuat foto ukuran 3 x 4 yang tepat?

Untuk cara mengubah ukuran foto 3x4 pada aplikasi Photoshop, ikuti beberapa langkah berikut ini:

Klik File, kemudian pilih New. Setelah itu pada bagian Width dan Height, pilihlah satuan menjadi pixel.
Masukkan Width= 330 dan Height= 450. Setelah itu pada bagian resolusi isi dengan 300. Pastikan kamu telah memilih bagian Pixel/Inch.
Setelah selesai, pilih OK. Kanvas baru yang kamu buat akan keluar. Masukkan pas foto pada kanvas tersebut dan atur sesuai keinginan. Simpan hasil editan yang telah selesai.
Pas foto yang kamu inginkan telah selesai dan siap untuk dicetak. Jika kamu mencari percarian cetak foto terdekat.

Comments

Popular Posts